Pages

Selasa, 04 Desember 2012

rotifera

.       Branchionus sp ( Rotifera )

  1. pendahuluan
        Nama rotifer berasal dari bahasa Latin yang berarti roda-pembawa. Gerakan cepat dari bulu mata dibeberapa spesies membuat mereka tampak berputar seperti roda.Organisme ini memiliki spesialisasi sistem organ. .Rotifera menggunakan mahkota bulu mata  makanan gelombang ke dalam mulut mereka.  Makanan dilewatkan ke dalam 'mastax' di mana apa yang disebut 'trophi' proses dua makanan sebelumdiarahkan usus. Rotifera sangat transparan bahwa semua organ-organ ini dapat diamati dengan mudah. Mereka memiliki satu atau dua lampu merah bintik mata yang sensitif. Karena banyak spesies membuat disebut spora istirahat-begitu yang mudah dibawa oleh angin, mereka dapat ditemukan di mana saja jika ada sedikit air.
Rotifera merupakan salah satu pakan alami larva ikan yang diguunakan para pembudidaya ikan. Rotifer termasuk kedalam filum invetrebrata yang lebih dan secara dekat dikaitkan dengan cacing gelang (nematoda).

2. karakteristik umum
  • hewan multiseluler dengan rongga tubuh yang sebagian dibatasi oleh mesoderm
  • saluran pencernaan lengkap yang meliputi mulut hingga anus
  • rotifera diakui sebagai hewan meskipun mereka mikroskopis.  
  • Sebagian besar spesies rotifera memiliki ukuranpanjang tubuh sekitar 200 hingga 500 mikrometer.
  • Habitat rotifera mungkin termasuk masih lingkungan air, seperti dasar danau,serta lingkungan air mengalir, seperti sungai atau sungai.

Habitat rotifera

     Rotifera dapatditemukan di banyak lingkungan air tawar dan di tanah yang lembab,di mana mereka menghuni lapisan tipis air yang terbentuk di sekitar partikel tanah. Rotifera juga biasanya ditemukan pada lumut mosse dan lumut tumbuh pada batang pohon dan batu, di selokan hujan dan genangan air,dalam tanah atau serasah daun, pada jamur tumbuh di dekat pohon  mati, dalam tangki tanamanpengolahan limbah, dan bahkan di krustasea air tawar dan serangga air larva

0 komentar:

Posting Komentar