Pages

Selasa, 04 Desember 2012

TELUR

7.      Berbagai Tipe-Tipe Telur

Ovipar merupakan embrio yang berkembang dalam telur dan dilindungi oleh cangkang.Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur.Telur dikeluarkan dari tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas menjadi anak.Ovipar terjadi pada burung dan beberapa jenis reptil.Dalam beberapa organisme yang termasuk ovipar, fertilisasi dapat berlangsung secara eksternal dan internal.Fertilisasi eksternal ialah fertilisasi yang berlangsung dialam bebas, diluar tubuh hewan betina.Model fertilisasi ini banyak dijumpai pada invertebrata aquatic, ikan, dan amphibian.Ditinjau dari sudut evolusi fertilisasi eksternal tergolong kedalam model fertilisasi yang masih primitive. Untuk memperoleh peluang yang cukup bagi ovum dan sperma untuk saling bertemu, maka diperlukan adaptasi sebagai berikut :

a.      Gamet diproduksi dalam jumlah yang besar. Dengan jumlah ovum dan sperma yang banyak kemungkinan untuk terjadinya fertilisasi semakin besar.
b.     Biasanya hewan-hewan tersebut hidup dalam koloni
c.       Saat hewan betina untuk bertelur dengan saat bagi hewan jantan mengeluarkan sperma, diatur melalui mekanisme hormonal agar terjadinya bersamaan.
Fertilisasi internal merupakan fertilisasi yang berlangsung didalam tubuh hewan betina.Oleh karena itu, ovum dan sperma berada dalam jarak yang sangat dekat didalam satu saluran kantung maka peluang untuk terjadinya fertilisasi jauh lebih besar dibandingkan dengan fertilisasi eksternal.Untuk mengantarkan spermatozoa kepada ovum didalam tubuh hewan betina, diperlukan adaptasi organ-organ reproduksi baik pada hewan jantan maupun hewan betina. Hewan jantan harus mempunyai organ untuk memasukan sperma kedalam tubuh hewan betina ( penis) . Sementara itu hewan betina juga harus mempunyai saluran atau kantung untuk menerima dan menyimpan sperma.
Perkembangan embrio diawali saat proses impregnasi, dimana sel telur (ovum) dimasuki sel jantan (spermatozoa). Proses pembuahan pada ikan bersifat monospermik, yakni hanya satu spermatozoa yang akan melewati mikropil dan membuahi sel telur. Pada pembuahan ini terjadi pencampuran inti sel telur dengan inti sel jantan. Kedua macam inti sel ini masing-masing mengandung gen (pembawa sifat keturunan) sebanyak satu set (haploid).
PEMBELAHAN SEL ZIGOT
Pembelahan sel zigot pada ikan umumnya adalah tipe meroblastik (parsial) walaupun ada juga holoblastik (total).Pada tipe meroblastik yang membelah hanya inti sel dan sitoplasmanya saja, sedang pada holoblastik kuning telur pun turut membelah diri.Kedua tipe pembelahan sel tersebut ditentukan oleh banyaknya kuning telur dan penyebarannya.
BLASTULASI
Proses pembentukan blastula disebut blastulasi dimana kelompok sel-sel anak hasil pembelahan berbentuk benda yang relatif bulat ditengahnya terdapat rongga yang kosong disebut suloblastula (coeloblastula) sedangkan yang berongga massif disebut steroblastula. Suloblastula terdapat pada Amphioxus dan kodok, steroblastula terdapat pada ikan dan amphibi yang tidak berkaki (gymmophonia).
GASTRULASI
Gastrulasi adalah proses pembentukan 3 daun kecambah yakni ectoderm, mesoderm dan entoderm. Gastrulasi ini erat hubungannya dengan pembentukan system syaraf (neurolasi) sehingga merupakan periode kritis. Pada proses ini terjadi perpindahan daerah ectoderm, mesoderm, entoderm dan notokorda menuju tempat definitif
ORGANOGENESIS
Organogenesis, yakni proses pembentukan alat-alat tubuh makhluk yang sedang berkembang. System organ-organ tubuh berasal dari 3 buah daun kecambah, yakni ectoderm, entoderm dan mesoderm. Dari ectoderm akan terbentuk organ-organ susunan (system) syaraf dan epidermis kulit. Dari entoderm akan terbentuk saluran pencernaan beserta kelenjar-kelenjar pencernaan dan alat pernapasan. Sedangkan dari mesoderm akan muncul rangka, otot, alat-alat peredaran darah, alat ekskresi, alat-alat reproduksi dan korium kulit.

0 komentar:

Posting Komentar